Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Lengkap

Tuesday, April 4, 2017

Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Lengkap

Seperti modul guru pembelajar mata pelajaran lainnya yang sudah admin posting, modul guru pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK juga terdiri dari 10 modul yaitu:

a. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK A Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah karakteristik peserta didik. Ada 4 bab dalam bagian modul ini yaitu: (1) karakteristik peserta didik (2) potensi peserta didik (3) bekal ajar awal peserta didik (4) kesulitan belajar peserta didik.
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah sistem komunikasi data. Ada 4 bab di bagian modul ini yaitu (1) menganalisa sistem komunikasi data (2) proses komunikasi data dalam jaringan (3) aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara (4) kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan
B. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK B Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah pengembangan kreatifitas peserta didik. Ada 4 bab dalam bagian modul ini yaitu : (1) identifikasi program berdasarkan potensi peserta didik (2) perencanaan program kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan potensi peserta didik (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan potensi peserta didik (4) evakuasi program kegiatan ekstrakurikuler.
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah sistem komunikasi data menggunakan voIP. Ada 5 bab dalam bagian modul ini yaitu: (1) perencanaan proyek informasi (2) analisa workflow sistem informasi (3) desain proses bisnis dan pemograman (4) pengembangan sistem (5) sistem informasi.
C. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ)) SMK C Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah teori dan prinsip pembelajaran yang mendidik. Ada 2 bab di bagian modul ini yaitu (1) teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran (2) pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran.
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah mengadministrasi sistem jaringan. Ada 12 bab dalam bagian modul profesional ini yaitu: (1) menganalisis konsep dasar sistem operasi (2) menginstalasi sistem operasi berbasis linux (3) Menganalisis proses service dan event (4) Menganalisis penjadwalan proses (5) Menganalisis penjadwalan CPU (6) Menganalisis manajemen memori (7) Menganalisis sistem file (8) Menyajikan perintah dasar sistem operasi jaringan berbasis linux (9) Menganalisis manajemen aplikasi pada sistem operasi jaringan berbasis linux (10) Menganalisis manajemen User dan Group pada sistem operasi jaringan (11) Menganalisis proses booting (12) Menganalisis sistem backup dan recovery.  
D. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK D Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah pengembangan kurikulum. Ada 5 bab di bagian modul ini yaitu : (1) prinsip pengembangan kurikulum (2) menentukan tujuan kegiatan (3) pemilihan materi kegiatan pengembangan yang mendidik (4) penyusunan perencanaan semester (5) pengembangan indikator dan instrumen penilaian.
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah mengadministrasi layanan jaringan pada server tingkat dasar. Ada 8 bab di bagian modul ini yaitu : (1) menganalisis prinsip kerja komunikasi klien server (2) menganalisa perangkat dan aplikasi server dalam jaringan komputer (3) menguji konfigurasi remote server (4) menguji konfigurasi NTP server (5) menguji konfigurasi samba server (6) menguji konfigurasi DHCP server (7) menguji konfigurasi DNS server (8) menguji konfigurasi WEB/HTTP server.
E. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK E Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah pengembangan perangkat pembelajaran. Ada 3 bab di bagian modul ini yaitu (1) hakikat dan prinsip perancanaan pembelajaran (2) komponen rancangan pembelajaran (3) penyusunan rancangan pembelajaran
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah mengadministrasi layanan jaringan pada server tingkat lanjutAda 8 bab di bagian modul ini yang merupakan lanjutan dari modul D profesional yaitu : (1) menganalisis prinsip kerja komunikasi klien server (2) menganalisa perangkat dan aplikasi server dalam jaringan komputer (3) menguji konfigurasi remote server (4) menguji konfigurasi NTP server (5) menguji konfigurasi samba server (6) menguji konfigurasi DHCP server (7) menguji konfigurasi DNS server (8) menguji konfigurasi WEB/HTTP server.
F. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK F Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah penerapan TIK dalam pembelajaran. Ada 6 bab dalam bagian modul ini yaitu (1) ruang lingkup pembelajaran berbasis TIK (2) peran TIK dalam pembelajaran (3) pengintegrasian TIK dalam pembelajaran (4) mengembangkan media pembelajaran (5) mengaplikasikan multimedia pembelajaran (6) mengaplikasikan pemanfaatan E-Learning
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah jaringan nirkabel.
G. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK G Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah komunikasi pembelajaran. Ada 3 bab di bagian modul ini yaitu: (1) konsep dan prinsip komunikasi efektif dalam pembelajaran, (2) strategi, model, metode, dan teknik komunikasi efektif dalam pembelajaran (3) hambatan dan solusi komunikasi efektif.
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah keamanan jaringan nirkabel
H. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK H Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah penilaian dan evaluasi pembelajaran. Ada 3 bab di bagian modul ini yaitu : (1) konsep dasar kegiatan remedial dan pengayaan (2) prosedur remedial dan pengayaan (3) strategi remedial dan pengayaan.
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah sistem keamanan jaringan komputer. Ada 8 bab di bagian modul ini yaitu: (1) menganalisis kemungkinan potensi ancaman dan serangan terhadap keamanan jaringan (2) Menganalisis sistem keamanan jaringan yang diperlukan (3) Menerapkan langkah-langkah penguatan host (host hardening) (4) Membangun server DMZ (5) Menguji keamanan jaringan, host dan server (6) Menganalisis fungsi dan cara kerja server autentikasi (7) Menganalisis sistem pendeteksi dan penahan ancaman/serangan yang masuk ke jaringan (snort, tripwire, portsentry) (8) Menerapkan tata cara pengamanan komunikasi data menggunakan teknik kriptografi  
I. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK I Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah program remedial dan pengayaan. Ada empat bab di bagian modul ini yaitu: (1) ketuntasan belajar (2) remidial pembelajaran (3) pengayaan pembelajaran (4) laporan pencapaian kompetensi.
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah monitoring jaringan komputer. Ada 3 bab di bagian modul ini yaitu (1) Menganalisis firewall pada host dan server menggunakan IPTABLES. (2) Membedakan fungsi dan tata cara pengamanann server layanann pada email,webserver dan ftp. (3) Membangun sistem monitoring server IPTABLES, MRTG, Nagios, Cacti dan Acidlab  
J. Modul Guru Pembelajar Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK J Download
  1. Pembahasan bagian Pedagogik adalah jurnal reflektif PTK. Ada 6 bab di bagian modul ini yaitu: (1) menulis jurnal reflektif (2) konsep PTK (3) rencana dan pelaksanaan PTK (4) menyusun proposal PTK (5) teknik pemantauan dalam PTK (6) menyusun laporan PTK
  2. Pembahasan bagian Profesional adalah membuat project sistem jaringan small office home office (SOHO). Ada 3 bab di bagian modul ini yaitu: (1) Menganalisis firewall pada host dan server menggunakan iptables (2) Membedakan fungsi dan tata cara pengamanann server layanan pada email,webserver dan ftp (3)  Membangun sistem monitoring server iptables, MRTG, Nagios, Cacti,Acidlab.  
Jika ada link ERROR, silahkan berkomentar dibawah ini.

Terima Kasih

3 komentar:

Andika Agus Pratama said...

Nice info gan, walaupun anak tehnik, biar ga gagap komputer

toba mate said...

ketika download link error

wahyu santoso said...

maaf pak... saya download modulB kok isinya tidak ada VoIP nya ya....

Post a Comment