POS UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) SMP, SMA DAN SMK 2017

Friday, March 10, 2017

POS UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) SMP, SMA DAN SMK 2017
Ujian sekolah berstandar nasional atau disingkat USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk mata pelajaran dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.


USBN dilaksanakan untuk kelas 3 baik SMP maupun SMA/SMK. Untuk SMA akan dilaksanakan pada tanggal 20 Maret-23 Maret 2017 dengan mata pelajaran yang akan di USBN kan adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, biologi, sejarah, pendidikan kewarganegaraan (PKn), Kimia dan Fisika untuk program IPA, sedangkan untuk program IPS, pelajaran yang di USBN kan adalah pendidikan agama dan budi pekerti, geografi, sejarah, PKN, sosiologi dan ekonomi. Pelajaran USBN di SMK adalah Pendidikan agama dan budi pekerti, PKn dan KKPI/ Simulasi Digital yang hanya akan dilaksanakan 3 hari yaitu dari tanggal 20 maret-22 maret 2017. Mata Pelajaran USBN SMP adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PKn dan Ilmu Pengetahun Sosial (IPS). USBN SMP akan dilaksanakan pada bulan April (17, 18, dan 19 April 2017).

Siswa yang akan menjadi peserta USBN harus memperhatikan tata tertib yang wajib dipatuhi.
  1. Peserta USBN Memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan yaitu 15 menit sebelum USBN dimulai.
  2. Peserta USBN yang terlambat hadir hanya diperkenankan untuk mengikuti USBN setelah mendapat izin dari ketua panitia USBN tanpa diberi perpanjangan waktu.
  3. Peserta USBN dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan kalkulator.
  4. Tas, buku dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di depan kelas di samping pengawas ruang.
  5. Peserta USBN membawa pemnsil 2B, penghapus, penggaris dan kartu tanda/peserta ujian.
  6. Peserta USBN mengisi daftar hadir menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruang.
  7. Peserta USBN mengisi identitas pada LJUSBN secara lengkap dan benar.
  8. Peserta USBN yang memerlukan penjelasan caa pengisian identitas pada LJUSBN dapat bertanya kepada pengawas ruang dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.
  9. Peserta USBN mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.
  10. Selama USBN berlangsung, peserta USBN hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan daari pengawas ruang.
  11. Peserta USBN yang memperoleh naskah soal yang cacat  atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal.
  12. Peserta USBN yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti USBN mata pelajaran yang terkait.
  13. Peserta USBN yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu USBN berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruannngan sebelum berakhirnya waktu ujian.
  14. Peserta USBN berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu ujian dan meletakkan lembar jawaban serta naskah soal di atas meja masing-masing.
  15. Selama USBN berlangsung, peserta dilarang: menanyakan jawaban soal kepada siapapun, bekerjasama dengan peserta lain, Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal, memperlihatkan pekkerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain, Membawa naskah soal USBN dan LJUSBN keluar dari ruang ujian dan Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
  16. Meninggalkan ruang USBN dengan tertib dan tenang setelah pengawas ruang ujian mengumpulkan dan menghitung lembar jawaban dan naskah soal sesuai dengan jumlah peserta USBN.
  17. Peserta USBN yang melanggat tata tertib ujian, diberi peringatan/ teguran oleh pengawas ruang USBN dan dicatat dalam berita acara USBN sebagai salah satu bahan pertimbangan kelulusan.


Pemeriksaan dan Pengolahan hasil USBN sebagai berikut:
  1. Soal Bentuk Pilihan Ganda dapat diperiksa secara manual atau menggunakan alat pemindai.
  2. Soal Bentuk Uraian di periksa secara manual oleh dua orang guru sesuai mata pelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran kemudian jika terdapat selisih nilai antara kedua pemeriksa lebih dari 25% dari skor maksimum, sekolah menugaskan pemeriksa ketiga.   Nilai akhir soal uraian adalah rerata nilai dari semua pemeriksa
  3.  Pengolahan Hasil USBN. Nilai USBN merupakan gabungan nilai soal pilihan ganda dan nilai soal uraian, dengan rentang nilai 0-100Sekolah menentukan pembobotan nilai pilihan ganda dan uraian.


Kelulusan
  1. Kriteria kelulusan dari sekolah minimal mempertimbangakan ha-hal berikut yaitu menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/prilaku minimal baik dan Lulus US dan USBN.
  2. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain misalnya kehadiran, rerata nilai rapor, dsb.
  3. Kelulusan siswa dari sekolah ditetapkan melalui rapat dewan guru.
Untuk lebih lengkapnya silahkan di klik POS USBN SMP, SMA dan SMK
Silahkan klik Kisi-kisi KKPI SMK

4 komentar:

Post a Comment