Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Friday, March 10, 2017

Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)


Definisi CTL menurut para ahli, tiga ahli pendidikan yang mendefinisikan pembelajaran CTL. Definisi tersebut antara lain. Elaine B. Johnson mendefinisikan pengertian pembelajaran kontekstual sebagai berikut: Contextual Teaching and Learning (CTL) atau disebut secara lengkap dengan Sistem Contextual Teaching and Learning (SCTL) adalah: sebuah proses pendidikan yang bertujuan menolong para siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka, yaitu dengan konteks keadaan pribadi, sosial, dan budaya mereka.

Dengan pengertian tentang pembelajaran kontekstual diatas, diperlukan usaha dan strategi pengajaran yang tepat, sehingga dapat dicapai tujuan untuk mengantarkan guru dan murid dalam sebuah pendidikan yang kontekstual. Untuk mencapai tujuan ini, sistem pembelajaran kontekstual mempunyai 6 komponen utama. 

Komponen pembelajaran kontekstual yang dimaksud adalah:
1. membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna
2. melakukan pekerjaan yang berarti
3. melakukan pembelajaran yang diatur sendiri
4. melakukan kerja sama
5. berpikir kritis dan kreatif
6. membantu indvidu untuk tumbuh dan berkembang

ContextualTeaching and Learning  adalah suatu konsep mengajar dan belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membentuk hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan nyata mereka sehari-hari. Pengetahuan dan ketrampilan siswa diperoleh dari usaha siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan baru ketika belajar.

Sudrajat (2009:5), mendefinisikan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan/ keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan /konteks ke permasalahan/ konteks lainnya.

Departemen Pendidikan Nasional mendefinisikan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai berikut: Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan perencanaan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Daftar Pustaka

Sudrajat. 2009. Model-model Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Bina Ilmu Mandiri

5 komentar:

SAM ARF said...

Mantap gan bisa ini diterapkan buat ngajarin adik yang masih SD pakai perumpamaan, nice gan :)

ahmad kholid said...

wah bisa gua saranin pada kakak gua yang ngajar di SD

Jamaluddin Rangkuti said...

thanks gan, kunjungannya

Ahiday said...

Berarti pembelajaran CTL itu menghubungkan materi pelajaran dengan fenomena real dalam kehidupan siswa ya, pak ? terima kasih infonya

Jamaluddin Rangkuti said...

ya mas. sangat cocok untuk di terapkan untuk model pembelajaran di dalam kelas

Post a Comment