Pedoman Olimpiade Guru Nasional (OGN) Guru SD dan SMP 2017

Wednesday, March 15, 2017

Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatakan kompetensi dan kemampuan profesioanal guru. banyak kegiataan yang diadakan oleh pemerintah salah satunya olimpiade guru nasional (OGN). OGN Guru SD diperlombakan sebagai guru kelas dan guru smp dengan mata pelajaran matematika, ipa, ips, bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) adalah salah satu cara sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menjadi ajang guru kelas SD dan guru mata pelajaran SMP yang unggul. Pemerintah dalam hal ini di wakili Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Subdit Harlingung telah menyelenggarakan OGN sejak tahun lalu 2016. Jadi tahun 2017 merupakan tahun kedua. OGN Guru SD di peruntukkan untuk guru kelas dan Guru SMP di peruntukkan untuk guru mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

OGN Guru SD dan SMP dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota yang di handle oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Untuk tingkat propinsi di ikuti oleh wakil kabupaten/ kota yang di handle oleh dinas pendidikan propinsi. Selanjutnya pemenang di tingkat propinsi akan menjadi finalis tingkat nasional.

Tujuan dilaksanakan kegiatan OGN yaitu:
  1. Meningkatkan wawasan pengetahuan, kompetensi, kinerja, motivasi dan profesionalisme untuk mengembangkan ilmu pengetahun dan teknologi di kalangan guru SD dan SMP.
  2. Meningkatkan budaya kompetitif (bersaing) yang sehat antar guru.
  3. Mengembangkan kesadaran ilmiah untuk menyiapkan siswa SD dan SMP dalam menghadapi Olimpiade
  4. Meningkatkan komitmen mutu guru SD dan SMP dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  5. Meningkatkan derajat guru SD dan SMP mejadi profesi yang mulia, terhormat dan bermartabat.
Persyaratan Peserta
  1. Guru Kelas SD dan SMP yang berstatus PNS, Guru Non PNS di sekolah negeri namun memiliki SK dari PEMDA setempat, guru Yayasan yang mempunyai SK tetap minimal 5 tahun.
  2. Mempunyai NUPTK
  3. Bukan kepala sekolah
  4. Belum pernah menang dalam kurun waktu 3 tahun terakhir
  5. Minumal Sarjana S1/ D-IV

Bentuk dan Materi kegiatan OGN
Pelaksanaan OGN 2017 dilakukan secara bertingkat dari kabupaten/kota, tingkat propinsi sampai ke nasional dengan mekanisme:
  • Ditingkat kabupaten/ kota seleksi dilaksanakan melalui tes tertulis yang di handle dinas pendidikan kabupaten/ kota. 
  • Di tingkat propinsi seleksi OGN dilakukan melalui tes tulis. Tes tulis disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
  • Tingkat Nasioanal, seleksi dilakukan melalui tes tulis, eksperimen. eksplorasi/ unjuk kerja dan presentasi. Materi tes di siapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.

Hadiah dan Penghargaan
Hadiah dan Penghargaan pemenang OGN diberikan untuk memotivasi guru meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di sekolah mereka. Untuk pemberian hadiah tingkat kabupaten/ kota dan propinsi diserahkan sepenuhnya kepada PEMDA sesuai dengan kemampuan. Untuk pemenang nasional  akan diberikan piagam penghargaan dari MENDIKBUD dan hadiah dari direktorat pembinaan guru pendidikan dasar

Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) untuk guru SD dan SMP tahun 2017

1. Seleksi tingkat kabupaten/ kota dilaksanakan bulan Mei 2017
2. Seleksi tingkat propinsi dilaksanakan pada bulan juni 2017
3. seleksi tingkat nasional dilaksanakan pada Agustus 2017


Untuk lebih jelasnya silahkan download Pedoman Olimpiade Guru Nasional (OGN) untuk guru SD dan SMP

2 komentar:

Joesentosa Production said...

ternyata guru juga ada olimpiadenya ya hehehe jadi makin berkualitas

Setyo Tri Windrasmara said...

Wuih keren, baru ngeh ada turnamen buat guru juga :)

Post a Comment