Model Pembelajaran Snowball Throwing

Friday, March 17, 2017

http://www.gurusmk.com/2017/03/model-pembelajaran-snowball-throwing.html
Pada postingan kali ini, saya akan mengupas sedikit mengenai model pembelajaran SNOWBALL THROWING. Model pembelajaran ini bisa diterapkan oleh guru untuk memberikan situasi mengajar yang berbeda dalam kelas, sehingga siswa tidak bosan.

Snowball throwing merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Jika di artikan dalam bahasa indonesia Snowball berarti bola salju sedangkan throwing berarti melempar. Dengan demikian bisa diartikan Snowball throwing  sebagai model pembelajaran yang menggunakan bola dari kertas yang digulung seperti bola salju kemudian dilemparkan secara bergiliran di antara sesama anggota kelompok (Isjoni, 2010: 34)

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa model snowball throwing merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengandung unsur-unsur pembelajaran kooperatif untuk mengarahkan atensi peserta didik terhadap materi yang disampaikan.

Langkah-langkah (steps) penerapan pembelajaran model pembelajaran Snowball Throwing dalam kelas menurut Agus Suprijono (2009: 128) :
  1. Guru menyampaikan materi yang akan di sajikan
  2. Kemudian guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
  3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
  4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
  5. Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa kesiswa yang lain.
  6. Siswa yang mendapat lemparan bola diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut.
  7. Evaluasi
  8. Penutup.
Kegiatan melempar bola pertanyaan ini akan membuat kelompok menjadi semangat dan aktif, karena kegiatan tersebut siswa tidak hanya berfikir, menulis, bertanya atau berbicara. Mereka dalam kegiatan ini melakukan aktifitas fisik yaitu mengulung kertas dan melemparkannya ke siswa lainnya. Setiap anggota kelompok akan mempersiapkan diri karena gilirannya mereka harus menjawab pertanyaan dari temannya yang terdapat dalam bola kertas.

Keuntungan model pembelajaran Snowball Throwing adalah:
  • Melatih kemampuan siswa dalam menyusun sebuah pertanyaan dengan bersumber pada materi yang diajarkan serta saling memberikan pengetahuan.
  • Siswa lebih memahami dan mengerti mengenai materi pelajaran yang dipelajari. Di samping itu, siswa juga mendapat penjelasan dari teman sebaya yang disiapkan oleh guru serta mengerahkan penglihatan, pendengaran, menulis dan berbicara mengenai materi yang  akan didiskusikan dalam kelompoknya.
  • Model pembelajaran Snowball throwing dapat membangkitkan keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan atau soal kepada teman lain maupun guru.
  • Membiasakan siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh temannya dengan baik.
  • Menstimulus siswa agar berani mengajukan pertanyaan sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan dalam pelajaran tersebut.
  • Mengurangi rasa takut siswa dalam bertanya kepada teman maupun guru.
  • Siswa akan cepat mengerti makna kerjasama dalam menemukan pemecahan suatu masalah.
  • Siswa akan terbiasa bertanggung jawab.
  • Siswa akan terbiasa menerima keragaman atau heterogenitas suku, sosial, budaya, bakat dan intelegensia.
  • Siswa akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam kelas diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa dituntut untuk berkompetisi baik fisik maupun mental.

Ada guru-guru yang ingin menerapkannya? ^_^

Daftar Pustaka


Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Suprijono Agus. 2010. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

4 komentar:

Rismail, S.Pd said...

Matab Pak ... :)

Anonymous said...

Mantap kiban mastahhhhh

T. Kuswandi said...

Mantap min..nambah info nih.

Yohanis Deppasarrin said...

Jadi baper, pengen main snowball throwing pake salju asli min :v

Post a Comment