20 Pertanyaan Interview Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Monday, March 13, 2017

http://www.gurusmk.com/2017/03/20-questions-in-job-interview.html
Materi terakhir di kelas XII, saya mengajarkan materi job interview. Materi ini sengaja saya tempatkan di terakhir session pelajaran semester 2 karena materi ini perlu penguatan dan sejogyanya diberikan setelah siswa bisa menulis surat lamaran kerja (Application Letter) dalam bahasa inggris.

Baiklah, pertanyaan wawancara kerja (Job Interview) lengkap adalah

1. Please introduce yourself!

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus menjelaskan mengenai diri sendiri secara singkat dan padat. Inti pertanyaan ini untuk mengetes kemampuan kamu memperkenalkan dan mempromosikan diri agar diterima di pekerjaan itu. 

Kamu bisa menjawab dengan: My name is Azwar Rangkuti. I am 25 years old. I have graduated from Samudra University. Majoring in English. I can speak english both in oral and written. My activity now is an English teacher at a school. I also teach English Courses when i am free. Nama saya Azwar Rangkuti. Saya berusia 25 tahun. Saya lulusan Universitas Samudra. Jurusan Bahasa Inggris. Saya bisa berbicara bahasa inggis baik secara lisan maupun tulisaan. Aktifitas saya sekarang adalah guru bahasa inggris di sebuah sekolah. Di waktu luang, saya juga mengajar di tempat kursus.

2. What job do you apply and why do you interested on it?

Pertanyaan ini menanyakan pekerjaan apa yang akan dilamar dan alassan kamu tertarik melamar di pekerjaan itu. Nah, pertanyaan ini bertujuan untuk menanyakan keseriusan kamu.


Kamu bisa jawab dengan: I want to apply as a marketing manager in your company. I love working in marketing field because that is my passion. I have experienced on it. Saya mau melamar sebagai manajer pemasaran di perusahaan bapak. Saya suka bekerja di bidang pemasaran dan saya berpengalaman di bidang ini.


Yang penting dalam menjawab kamu menjelaskan pekerjaan apa yang kamu lamar dan berikan alasan yang logis. Yakin kan bahwa kamu layak di pekerjaan ini.


3. Why did you leave your previous job? 

Mengapa kamu meninggalkan pekerjaan sebelumnya? Pertanyaan ini sering ditanyakan apabila kamu punya bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Alasan kamu meninggalkan atau keluar (resign) dengan pekerjaan itu. Pertanyaan ini untuk melihat sikap kita mengenai suatu pekerjaan. So Be Careful to answer this question.


Kamu bisa jawab: I leave my previous job because i want more challenge and new experience. Saya meninggalkan pekerjaan sebelumnya karena saya butuh tantangan dan pengalaman baru.


4. What if in this new office you feel as same as you did in your last work/office?


Pertanyaan ini merupakan pertanyaan lanjutan dari pertanyaan sebelumnya (point 4). Be careful guys, pertanyaan ini menjebak kamu jika kamu asal menjawab. Jangan pernah menjelekkan perusahaan atau instansi kamu sebelumnya. Jawab pertanyaan ini dengan bijak.


Kamu bisa menjawab: It is okay for me. I think this company/office is different with my previous office/company. As I mention before, I want to get new experience. Tidak apa-apa bagi saya. Saya yakin perusahaan/ kantor ini berbeda dengan perusahaan/ kantor saya sebelumnya. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya mau mencari pengalaman baru.


5. When were you most satisfied in your work?

Kapan kamu merasa puas dengan pekerjaanmu? pertanyaan ini bertujuan untuk menanyakan gairah (passion) kamu dalam bekerja.


kamu bisa menjawab: I am satisfy when i finish my job properly and on time and also when I get a job that related with my passion. Saya puas ketika saya menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu apalagi jika pekerjaan itu berhubungan dengan passion saya.

6. What are your strengths? Please specify each of three?

Apa kekuatan/ kelebihanmu? Sebutkan 3 saja. Pertanyaan ini bertujuan menanyakan kemampuan atau kelebihan kamu yang bisa dijadikan bahan pertimbangan perusahaan/ kantor yang kamu lamar. Semua perusahaan menginginkan calon karyawan yang terpilih adaalah terbaik dari yang terbaik.

Kamu bisa menjawab: My Strengths are I love to learn new things, I have good analytic thinking and I like to persue my ambition/ target. Kekuatan saya adalah saya suka belajar hal-hal yang baru, saya punya pemikiran yang analisis dan saya suka mengejar target yang ingin saya capai.

7. What are your weakness? Please specify each of three?

Apa kelemahan kamu? tolong sebutkan 3 saja?. Pertanyaan ini menanyakan apa kelemahan kamu. Perusahaan/ instansi yang kamu lamar ingin mengetahui apakah kelemahan kamu ini bisa di atasi atau tidak.

Nah kamu bisa menjawab: My weakness are I often to lose focus when I get problems or pressure, sometimes, I need much time to finish a job because I want it perfectly. In addition, I get bored easily. Kelemahan saya ialah saya sering tidak fokus karena ada tekanan atau masalah, Saya perlu waktu yang banyak untuk menyelesaikan sesuatu karena saya ingin menyelesaikannya dengan sempurna dan yang terakhir saya cepat bosan dengan suatu.

8. Why should we accept your application?

Mengapa kami harus menerima kamu?. Nah di pertanyaan ini kamu mempromosikan diri kamu bahwa kamu layak dengan pekerjaan itu. Perusahaan/ Instansi ingin mengetahui serius atau tidak kamu dengan pekerjaan itu.

Kamu bisa menjawab: You should accept me because I have qualification and experience in this field. It is my passions. So I have spirit about this job.  Bapak seharusnya menerima saya karena saya mempunyai kualifikasi dan pengalaman di bidang ini. Ini adalah passion saya. Jadi saya akan bersemangat dengan pekerjaan ini.

9. How much salary do you want in every month?

Berapa gaji yang kamu mau per bulan? Pertanyaan ini bagaikan buah simalakama, mau dijawab sedikit, takutnya di gaji sedikit, di sisi lain, ingin jawab gaji banyak, nanti di anggap kamu banyak mau atau materialistic. kamu harus melihat kondisi pekerjaan itu. Nah jika kamu diminta harus untuk menyebutkan dalam angka maka jawab saja sesuai dengan Standar Upah Minimum.

Kamu bisa menjawab: I hope my salary is two millions rupiah per month. Saya berharap gaji saya sekitar 2 juta rupiah.

10. Do you any strategies to increase our company income?

Apa kamu punya strategi atau ide untuk meningkatkan pendapatan perusahaan kita? Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat kreatifitas, pola pikir, atau ide briliant dari calon pekerja terhadap strategi perusahaan dalam meningkatkan pendapatan.

Kamu bisa menjawab: My strategy is this company must expand his market to other countries. Strategi saya perusahaan ini harus mengembangkan pasar ke daerah-daerah lain.

11. What course did you attend?

Kursus apa yang sudah kamu ikuti? Perusahaan atau instansi ingin mengetahui kemampuan kamu sebelumnya. Jawaban mu akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan/ instansi mempekerjakanmu

Kamu bisa menjawab: I have been attended many course that have related with this field. I have attended a marketing training in Surabaya two months ago. Saya sudah mengikuti banyak kursus yang berhubungan dengan bidang ini. Dua bulan lalu saya mengikuti pelatihan pemasaran di Surabaya.

12. Can you work in a team and under pressure?

Bisakah kamu bekerja secara tim dan di bawah tekanan? Pertanyaan ini untuk mengetahui kemampuan kamu dalam bekerja sama dan apa kamu bisa bekerja di bawah tekanan. Perusahaan/ instansi membutuhkan pegawai yang tenang dan bisa di ajak kerja sama.

Kamu bisa menjawab: Yes, I can work in a team. I can also work under pressure because I think we must be responsibility about our job. Ya, saya bisa bekerja sama dalam sebuah tim. Saya juga bisa bekerja di bawah tekanan karena saya pikir kita harus bertanggung jawab dengan pekerjaan kita.

13. What do you know about our company?

Apa yang kamu ketahui mengenai perusahaan/ instansi ini?  Perusahaan atau instansi yang kamu lamar ingin mengetahui sejauh mana kamu mengenal mereka. 

Kamu bisa menjawab: Your company is a big company in marketing field. Perusahaan bapak adalah perusahaan besar di bidang pemasaran.

14. Why do you want to work in this company? 

Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini? Kamu harus bisa menyakinkan perusahan/ instansi bahwa kamu ingin bekerja bukan hanya untuk melamar karena ada lowongan.

Jawaban kamu sebaiknya: Your company has good reputation and this is my best experience if I can work in your company. Perusahaan bapak mempunyai reputasi yang bagus dan akan menjadi pengalaman terbaik saya jika bisa bekerja di perusahan bapak.

15. What are your goals in life?

Apa tujuan hidup mu? Pertanyaan ini menanyakan tujuan hidup kamu. Dengan mempunyai tujuan hidup yang jelas, maka perusahaan akan bisa menerimamu.

Kamu bisa menjawab: To become a better person and more professional. Untuk menjadi orang lebih baik dan lebih profesional.

16. What can you do for this company that other candidates can not offer?

Apa yang bisa kamu lakukan dengan perusahaan ini yang tidak bisa kandidiat lakukan? Pertanyaan ini sangat dilema, karena kamu harus mencari celah atau keunggulan kamu di bandingkan dengan calon pekerja lain. Hati-hati jangan menyudutkan atau melecehkan kemampuan calon pekerja lain.

Kamu bisa menjawab: I have good qualification and experience that you need in this company. Saya mempunyai kualifikasi dan pengalaman yang bapak butuhkan.

17. Do you have any ambitions in your life that you want to achieve?

Apa ambisi hidup mu yang kamu ingin capai? Perusahaan atau instansi ingin mengetahui ambisi dalam hidup kamu atau target yang kamu capai. Jawablah pertanyaan ini sesuai dengan pekerjaan kamu lamar.

Kamu bisa menjawab: yes I have ambition to make this company is more expand than now. Saya mempunyai cita-cita membuat perusahaan ini lebih berkembang dari sekarang.

18. What three positive things would your last boss say about you?

Sebutkan 3 hal positif yang bos mu katakan tentang kamu? Perusahaan atau instansi ingin mengetahui hubungan kamu dengan bos kamu sebelumnya dan pendapat orang lain mengenai kinerja kamu.

Kamu bisa menjawab: My last boss said I am a fast learner, good motivation and ambitious.  Bos saya dulu mengatakan saya seorang pembelajar cepat, mempunyai motivasi yang bagus dan ambisius.

19. Do you have experience in this position?

Apa kamu mempunyai pengalaman di bagian ini? Banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja yang mempunyai pengalaman. Tapi bagi kamu yang belum ada pengalaman, jangan khawatir, rejeki tak kan tertukar ya kan ? :D

20. Do you have question about this job?

Apa kamu punya pertanyaan dengan pekerjaan ini? kamu bisa menanyakan hal-hal yang belum kamu ketahui.

Sekian 20 pertanyaan tentang interview pekerjaan, ingat kamu harus percaya diri dalam menjawab. Dan tentu saja jangan lupa berdoa ya kepada Allah S.W.T.

thank you ^_^

8 komentar:

Defi Purnama said...

Wah ini sangat membantu sekali bagi yang akan interview melamar kerja

Angga Gilang said...

cocok nih untuk yang lagi nyari kerja

Bartolomeong said...

Bookmark dulu nih siapa tau suatu saat dibutuhkan :D

Jia Rizaira said...

Good tips for fresh graduates to prepare themselves for interview. Before this i used this kind of answer and develop and improvised the answer.

Zona Cerdas said...

thanks for shared this article

Angga Gilang said...

harus pinter2 bahasa inggris

david achen said...

saya pernah baca tentang pertanyaan interview di google itu bener bener mindblow banget sih

Benjamin Jonathan said...


The first thing any new start should always have is a business plan.
https://tecng.com/business-plan-how-to-write-a-business-plan/

Post a Comment